Jenis dan macam PABX

PABX (Private Automatic Branch Exchange) atau PBX (Private Branch Exchange) ada 2 macam, yaitu:
A. Digital PABX
Jenis ini biasanya memakai kabel tilpon 4-kawat dan pesawat telepon Extension yang juga Digital. Pesawat telepon Digital harganya mahal sekali, sekitar Rp 1.000.000 per buah. Mahalnya seperti harga Key Telephone yang juga memakai kabel tilpon 4-kawat. Key Telephone adalah semacam PABX dimana masing-masing pesawat teleponnya bisa berfungsi sebagai Operator Console.
B. Analog PABX (Votel PABX)
Jenis ini memakai kabel tilpon 2-kawat dan pesawat telepon Extension yang juga Analog (Tone dial). Pesawat telepon Analog relatif murah, sekitar Rp 75.000 per buah untuk kualitas yang cukup baik.
Votel PABX mempunyai 10 model yang semuanya dilengkapi dengan feature DISA-OGM recording.
DISA (Direct Inward Station Access; atau DID = Direct Inward Dialing) berfungsi sebagai Operator Otomatis di mana Penilpon setelah menekan nomor tilponnya dapat langsung menekan nomor Extension yang dikehendaki. Kalau di Kantor, misalnya nomor Extension 805 dari Manager Keuangan atau kalau di Rumah Tangga nomor Extension dari salah satu kamar anak.
OGM (Out-Going Message) recording berfungsi untuk merekam suara "Greeting" yang akan terdengar oleh Penilpon dan berisi informasi suara untuk menekan nomor Extension yang dikehendaki.
Misalnya "Selamat datang di PT ABC; untuk Pimpinan tekan 801, Penjualan 803, Keuangan 804, Teknik 804, dan Operator 802".

  ©karangpundung - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo